RSS

Witing Tresno Jalaran Saka Kulina

13 Nov

Betapa bersyukur aku dilahirkan di kota yang paling ramah di dunia, Surakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, Surakarta lebih popular dengan Solo. Solo dahulu yang lekat dengan budaya Jawa, sampai sekarang ternyata masih lekat. Kota dengan penduduk 545.653 jiwa ini, memang sangat ramai sekarang. Namun, keramaian tersebut sama sekali tidak melunturkan budaya jawa. Memang sekarang jalanan Solo mulai ramai, tapi ramainya karena banyak wisatawan yang datang untuk menjelajah kota penuh budaya.
Meskipun Solo tidak memiliki pantai panjang, maupun pemandangan pegunungan yang asri, Namun, Kota Solo tetap menawan untuk dikunjungi. Alasannya yaitu banyaknya bangunan budaya yang tetap diuri-uri maupun peninggalan Keraton semasa dahulu. Selain itu, keramahtamahan masyarakat lokal membuat siapapun betah tinggal di Solo. Sehingga nostalgia akan ketrentaman di masa dahulu selalu ada di tengah keramaian jalanan. Memang, uri-uri budaya bukan suatu hal yang mudah. Bukan hanya kebijakan dari pemerintah kota Solo, namun juga dukungan dari seluruh masyarakat Solo supaya budaya Jawa tetap lestari. Kerja keras para stakeholder kini mulai terlihat. Kota Solo yang dahulu hanya dipandang sebelah mata, kini muncul sebagai kota terpenting di dunia.
Setiap hari, selalu saja ada wisatawan berkunjung merambah kota Solo. Wisatawan mancanegara, bahkan senang dengan kondisi kota Solo. Dari Keraton Solo, Taman Sriwedari, Taman Budaya Jawa Tengah hingga Pasar Klewer menjadi list utama tempat berkunjung para wisatawan. Suasana Solo yang ramah serta berbudaya, menjadikan setiap wisatawan yang datang selalu memberi kenangan yang menarik di hati.
Saya sebagai mahasiswa di salah satu universitas negeri di Kota Solo tercinta merasa sangat bangga bisa mengenal Kota Solo. Selama hampir 21 tahun tinggal di Kota Solo, selalu ada kesan menarik setiap menjelajah setiap sudut di Kota Solo. Banyak hal dapat dijadikan bahan eksperimen dan sangat menarik untuk dikaji lebih lanjut. Saya dengan basic ilmu statistika, selalu bersemangat melihat perkembangan Solo dari waktu ke waktu. Korelasi positif selalu hadir seiring berkembangnya era globalisasi. Dinamika penduduk Kota Solo selalu menunjukan hal yang membaik dari tahun ke tahun. Dari segi sosial, ekonomi maupun budaya, selalu meningkat. Ditambah kearifan lokal yang terjaga, aktivitas masyarakat di Kota Solo menumbuhkan toleransi dalam bermasyarakat. Sungguh Witing Tresno Jalaran Saka Kulina, pepatah Jawa tersebut memang benar. Semakin lama mengenal Kota Solo, maka semakin cinta dan enggan untuk jauh darinya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 13, 2013 in Asyik

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
TIME

Current & Breaking News | National & World Updates

Jirayuri

"There are mysteries worth solving and stories worth telling." - Sherlock Holmes

Rumah Filsafat

Sumbangan Filsafat untuk Kemajuan Indonesia

FORUM STATISTIKA

Speaks With Data

SUDUT RUANG

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian" (PRAMOEDYA ANANTA TOER)

Cv. Ranisyad Artha Wijaya

Solusion comunication wireless internet

fiqihsofiana

Just another WordPress.com site

awanteduh

wan adalah massa terdiri dari tetesan air atau kristal beku tergantung di atmosfer di atas permukaan bumi.

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a madeandi's life

something good doesn't have to look difficult

tentang PENDIDIKAN

AKHMAD SUDRAJAT

tatikdwilestari91

Just another WordPress.com site

Entahlah.......

Bingung mau ngasi judul apa

Filsapatcom's Blog

Persahabatan & Persaudaraan kita tidak akan lekang oleh apapun, selama kita berpegang teguh pada tali agama Allah. Blog ini kami buat untuk menjalin silaturahim dengan teman-teman, agar kita dapat saling berkomunikasi & dan tidak kehilangan persahabatan kita. Kehilangan tidak dapat dibaca tetapi dapat dirasakan.

Kecamatan Kradenan

Just another WordPress.com weblog

Korps Sukarela PMI Kab. Sukoharjo

Sumbangsihmu, Kehidupanku...

lingkunganindah.wordpress.com

smiling is the best medicine

amelhusna

Just another WordPress.com site

Aria Turns

Ada yang mau baca blog mengenai matematika, gak ya...??

%d blogger menyukai ini: